Focus of Studies

News



Menjadi tamu dalam acara NGOPI (Ngobrol Perihal Ilmu) di Universitas Pasundan
News Writter : melissark • Photographers : PusKKPA • 06 Jan 2017 • Read : 894 x ,

Selasa, 6 Desember 2016, Kepala Pusat KKPA dan anggota Poklit 3 menghadiri undangan Himpunan Mahasiswa HI Universitas Pasundan untuk mengisi acara NGOPI (Ngobrol Perihal Ilmu) yang bertema “After the cold war: is space race still an issue in world politics?”. Tujuan dari acara ini adalah untuk membahas mengenai perkembangan perlombaan teknologi keantariksaan diantara negara-negara setelah perang dingin. Acara dimulai dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia raya, serta dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua himpunan mahasiswa HI Universitas Pasundan yang menjelaskan bahwa acara NGOPI diselenggarakan sebagai wadah eksplorasi intelektualitas bagi mahasiswa agar dapat berpikir kristis dan dapat menjadi individu yang cerdas.

Acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi yang disampaikan oleh Kepala Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa, Bapak Ir. Agus Hidayat, M.Sc. Beliau memaparkan mengenai perkembangan teknologi keantariksaan di negara-negara pasca perang dingin, serta kondisi dan perkembangan kegiatan keantariksaan nasional saat ini. Menurut Agus, space race saat ini masih ada tetapi dalam bentuk lain yang tercermin dari space budget atau alokasi anggaran dari berbagai negara yang termasuk dalam space faring nations. Selanjutnya dijelaskan bahwa setelah era perang dingin, banyak sekali kerjasama internasional yang tercipta di bidang keantariksaan, terbukti dengan adanya International Space Station atau Stasiun Antariksa Internasional, yang melibatkan berbagai negara seperti Amerika Serikat, Rusia, Eropa dan Jepang. Awang Munawar selaku Dosen HI UNPAS, juga mengisi acara dengan memberikan penjelasan mengenai perkembangan peradaban manusia dalam penguasaan ruang yang telah dibuktikan dalam sejarah, dan antariksa merupakan sesuatu yang baru yang perlu dikaji dalam studi HI. Beliau juga memaparkan bagaimana keterkaitan isu antariksa dengan ilmu Hubungan Internasional dan masih minimnya isu antariksa yang dibahas dalam studi Hubungan Internasional.

Pada sesi diskusi para mahasiswa HI UNPAS begitu antusias dalam memberikan pertanyaan kepada Kapus KKPA. Pertanyaan yang disampaikan sangat beragam baik dari sisi teknologi dan alutsista, keterkaitan antara kegiatan keantariksaan dengan geopolitik, hingga isu keaslian peluncuran Apollo 11. Selanjutnya acara NGOPI ditutup dengan pemberian plakat dan foto bersama. Acara diskusi dengan mahasiswa di perguruan tinggi memang sepatutnya lebih digiatkan, mengingat masih minimnya pengetahuan publik akan teknologi dan kegiatan keantariksaan nasional. Diskusi seperti NGOPI tidak hanya memberikan pengetahuan baru kepada mahasiswa namun juga memberikan insight kepada para peneliti akan perkembangan ilmu terkini yang juga dapat berkontribusi bagi kajian keantariksaan ke depannya.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa - Lapan
Jl. Cisadane No. 25 Cikini, Jakarta 10330 Telp. (021) 31927982 Fax. (021) 31922633



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL