Focus of Studies

News



Raker Pusat KKPA : kick of meeting Progam Kerja Tahun 2017
News Writter : ROEL • Photographers : Puskkpa • 20 Jan 2017 • Read : 1388 x ,

Rabu, 18 Januari 2017, Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa (Pusat KKPA) menggelar Rapat Kerja (Raker) di Kantor Pusat KKPA, Jl. Cisadane No. 25 Jakarta Pusat. Raker dengan agenda utama : Pencanangan Program Tahun 2017, dipandu oleh Kepala Pusat KKPA, Ir. Agus Hidayat, M.Sc, dan dihadiri oleh segenap komponen Pusat KKPA. Diawali dengan highlight atas kinerja kegiatan tahun 2016 yang dinilai cukup berhasil maka Kapus KKPA berharap capaian tersebut dapat ditingkatkan secara signifikan pada tahun 2017. Pada aktivitas penyusunan kajian di bidang penerbangan dan antariksa dan layanan publik di bidang penerbangan dan antariksa tercatat prosentase realisasinya melebihi target yang direncanakan sebelumnya. Sebaliknya, aktivitas terkait publikasi karya tulis ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi maupun internasional terindeks memang belum dapat terpenuhi sesuai target yang ditetapkan sebelumnya. Beberapa upaya untuk meningkatkan kompetensi peneliti dalam mem-publish- hasil karya ilmiahnya pada jurnal - jurnal di tingkat nasional maupun internasional pun telah dilakukan, sebagai contoh menghadirkan praktisi pendidikan yang telah piawai dalam menulis pada berbagai jurnal baik di dalam/di luar negeri, membekali peneliti terkait strategi dalam menyusun rumusan kebijakan strategis (H call policy). 
Sesuai rumusan Renstra Pusat KKPA Tahun 2015 – 2019, maka Kapus KKPA kembali mengingatkan bahwa target kinerja Pusat KKPA Tahun 2017 khususnya dalam pemenuhan IKU-2 Pusat KKPA. Pada aspek penyusunan kajian kebijakan penerbangan dan antariksa yang bersifat implementatif maka diarahkan untuk menuntaskan secara komprehensif berbagai kajian di bidang penerbangan dan antariksa yang belum final, seperti : posisi Indonesia terkait isu-isu strategis (MTCR, definisi/delimitasi, LTS, dan GSO), policy brief atas kajian bandar antariksa ditinjau dari aspek ipoleksosbudhankam, serta penyusunan naskah urgensi dan RPP UU No. 21/2013 (sensitif teknologi, bandar antariksa, maupun komersialisasi). Disamping itu juga dicetuskan tentang inisiasi untuk melakukan kajian yang akan diarahkan sebagai program nasional, yakni : national space policy (NSP) dan Nilai Ekonomi Data dan Informasi Inderaja (space economy). 
Selanjutnya, terkait target publikasi nasional dan internasional, pada perjanjian kinerja tahun 2017 justru meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya, dinilai cukup realistis ditinjau dari ketersediaan sumber daya yang ada pada Pusat KKPA saat ini (komposisi peneliti, kompetensi peneliti dan dukungan infrastruktur). Disisi lain capaian atas target publikasi merupakan salah satu trigger dalam menapak langkah menuju pemenuhan prasyarat sebagai Pusat Unggulan Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa mengacu ketentuan PUI – Ristek-Dikti. Benchmark atas target dan capaian berbagai satker LAPAN dalam perolehan target atas publikasi ilmiah tersebut juga dipaparkan untuk melecut semangat para peneliti dalam berupaya menembus berbagai media jurnal di tingkat nasional maupun internasional. 
Cukup sulitnya kompetisi untuk menembus berbagai media jurnal tersebut juga menjadi tantangan bagi para peneliti untuk lebih fokus pada upaya menghidupkan jurnal kebijakan penerbangan dan antariksa yang sudah cukup lama vakum. Setidaknya pada pertemuan tersebut semangat peneliti untuk berkomitmen mengisi edisi perdana jurnal kebijakan penerbangan dan antariksa sangat diapresiasi oleh Kapus KKPA : nothing is impossible!. Setidaknya jurnal ini dapat diharapkan menjadi salah satu back bone media terbitan di bidang kebijakan penerbangan dan antariksa yang berkualitas di masa mendatang, let’s prove it! Disamping itu, tidak mau kalah dengan kelompok peneliti Pusat KKPA, maka upaya mentautkan komitmen untuk mendukung pencapaian target kegiatan Tahun 2017 juga disampaikan oleh tim administrasi yang ber-siap sebagai prime mover atas dinamika kegiatan Pusat KKPA sepanjang Tahun 2017.

Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa - Lapan
Jl. Cisadane No. 25 Cikini, Jakarta 10330 Telp. (021) 31927982 Fax. (021) 31922633



© 2017 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL