Fokus Kajian

Berita



Pelatihan Singkat Model Analisis Input-Output
Penulis Berita : AHIDA • Fotografer : Wendy • 23 Mar 2018 • Dibaca : 262 x ,

Jakarta 20 Maret 2018. Sebagai salah satu bentuk pelaksanaan kerjasama antara Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa (Pusat KKPA) dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro (FEB-UNDIP), serta sebagai bagian dari pelaksanaan kegiatan kajian nilai ekonomi data dan informasi penginderaan jauh, maka pada tanggal 20 Maret 2018 yang lalu, Pusat KKPA menyelenggarakan pelatihan singkat Model Analisis Input-Output. Bertindak sebagai nara sumber pada pelatihan tersebut adalah Firmansyah, Ph.D, dari FEB-UNDIP. Pelatihan tersebut dibuka oleh Kepala Pusat KKPA, Agus Hidayat dan diikuti oleh beberapa orang peneliti dari PusKKPA, perencana dari Biro Perencanaan dan Keuangan dan Pusat KKPA. Dalam sambutan pembukaannya Agus memaparkan latar belakang dilakukannya kajian nilai ekonomi data dan informasi penginderaan jauh, serta rangkuman hasil kajian tahun 2017. Agus berharap agar pada tahun 2018, sudah dapat dilakukan perhitungan manfaat ekonomi dari data dan informasi penginderaan jauh serta kontribusinya terhadap PDB nasional. Tujuan utama dari pelatihan tersebut adalah dalam rangka memberikan pemahaman yang baik dan tools bagi para peneliti dan perencana, khususnya tim kajian nilai ekonomi data dan informasi penginderaan jauh dalam menghitung manfaat ekonomi dari data dan informasi penginderaan di berbagai sektor pembangunan di Indonesia.

Menurut Firmansyah, analisis dengan model input-output (I-O) berbasis pada suatu tabel yang berbentuk matriks yang menyajikan informasi tentang transaksi barang dan jasa serta saling keterkaitan antar satuan kegiatan ekonomi (sektor) dalam suatu wilayah pada suatu periode waktu tertentu yang disebut Tabel I-O.

Selanjutnya Firmansyah menyampaikan bahwa kegunaan umum dari tabel I-O adalah: 1. Memperkirakan dampak permintaan akhir & perubahannya terhadap output, nilai tambah, impor, permintaan, pajak, kebutuhan tenaga kerja dsb.; 2. Memproyeksikan variabel-variabel ekonomi makro yang terdapat pada poin pertama di atas; 3. Mengamati komposisi penyediaan & penggunaan barang atau jasa sehingga memudahkan analisis tentang kebutuhan impor & substitusinya; 4. Menganalisis perubahan harga dimana perubahan harga input berpengaruh pada harga output; 5. Memberikan petunjuk mengenai sektor yang mempunyai pengaruh terkuat terhadap pertumbuhan ekonomi serta sektor yang peka terhadap pertumbuhan ekonomi. 6. Menilai tingkat keserasian data statistik serta kelemahan-kelemahannya.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa - Lapan
Jl. Cisadane No. 25 Cikini, Jakarta 10330 Telp. (021) 31927982 Fax. (021) 31922633



© 2018 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL