Fokus Kajian

Berita



PUSAT KKPA MENYELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL KEBIJAKAN PENERBANGAN DAN ANTARIKSA KE-3 DI SURABAYA
Penulis Berita : DIJE • Fotografer : Wendy • 06 Aug 2018 • Dibaca : 294 x ,

Pada hari Senin, 6 Agustus 2018, Pusat KKPA LAPAN bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga (FISIP UNAIR) menyelenggarakan Seminar Nasional Kebijakan Penerbangan dan Antariksa (SinasKPA) ke-3. Seminar yang sekaligus sebagai bentuk kelanjutan kerja sama antara Pusat KKPA dan FISIP UNAIR ini berlangsung di Hall Amerta, Gedung Rektorat UNAIR dengan mengusung tema “Artikulasi Strategis Kebijakan Antariksa Menuju Pencapaian Visi Keantariksaan Indonesia 2016-2040 yang Mandiri, Maju, dan Berkelanjutan.”

SinasKPA ini dimulai dengan sesi pleno yang menghadirkan 4 (empat) pembicara kunci yakni Kepala LAPAN, Wakil Rektor I UNAIR, Prof. Makarim Wibisono, dan Direktur Pendidikan Tinggi, IPTEK, dan Kebudayaan Bappenas dengan dihadiri sekitar 200 peserta dan bertindak selaku moderator adalah Ir. Agus Hidayat M.Sc, Kepala Pusat KKPA LAPAN. Pada sesi pleno ini Kepala LAPAN, Prof. Thomas Djamaluddin, menyampaikan mengenai strategi pencapaian visi keantariksaan Indonesia sesuai dengan Rencana Induk Keantariksaan yang antara lain dengan peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia dan penguasaan teknologi keantariksaan. Sedangkan Prof. Djoko Santoso, Wakil Rektor I UNAIR, menyampaikan bahwa pembangunan keantariksaan seyogyanya mengacu pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals). Selain itu, beliau menyampaikan komitmen bahwa UNAIR akan mendukung LAPAN melalui pemenuhan SDM dengan menyiapkan para mahasiswanya agar menjadi generasi yang unggul dan berdaya saing. Pembicara kunci selanjutnya, Prof. Makarim, berbicara tentang pentingnya space diplomacy. Menurut beliau, pada era saat ini, diplomasi tradisional yang berbasis power tradisional seperti ekonomi dan senjata sudah tidak relevan. Pada era sekarang lebih diperlukan adanya gagasan-gagasan dan konsep orisinil yang akan menjadi kekuatan baru dalam dunia diplomasi. Keantariksaan menurut beliau harus menjadi kegiatan prioritas nasional yang baru demi mendukung tercapainya kepentingan nasional termasuk SDGs. Sesi pleno ditutup oleh Direktur Pendidikan Tinggi, IPTEK, dan Kebudayaan Bappenas, Dr. Amich Alhumami, yang antara lain menyampaikan pentingnya teknologi penerbangan dan antariksa dalam pembangunan nasional khususnya terkait dengan pembangunan ekonomi dan produktivitas.

SinasKPA kemudian dilanjutkan dengan sesi parallel. Terdapat 25 pemakalah yang mempresentasikan makalahnya dengan terbagi dalam 3 ruangan parallel. Pemakalah ini berasal dari LAPAN, Universitas Indonesia Jakarta, Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Hasanudin Makassar, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Andalas Padang, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, dan Universitas Prasetya Mulya Jakarta. Para pemakalah ini menyampaikan hal yang beragam, mulai dari perkembangan regulasi keantariksaan nasional, kebijakan terkait penguasaan teknologi roket dan satelit, komersialiasi keantariksaan, posisi Indonesia terhadap isu GSO, hingga kerangka regulasi internasional terkait space resources. Seminar ini ditutup dengan pembacaan kesimpulan oleh Kepala Pusat KKPA dengan menyampaikan kesimpulan yang merangkum semua presentasi yang telah disampaikan oleh seluruh pemakalah.

Sampai jumpa di SinasKPA ke-4 tahun depan!


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa - Lapan
Jl. Cisadane No. 25 Cikini, Jakarta 10330 Telp. (021) 31927982 Fax. (021) 31922633



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL