Fokus Kajian

Berita



Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Penelitian Tahun 2018
Penulis Berita : KY • Fotografer : Wendy • 14 Dec 2018 • Dibaca : 13396 x ,

Pada tanggal 14 desember 2018, Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa (Pusat KKPA) mengadakan acara monitoring dan evaluasi akhir tahun 2018, yang dihadiri oleh seluruh personil pusat KKPA, acara yang sekaligus menjadi momen personil pusat KKPA bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang hasil kajian dan penelitian yang dilakukan para peneliti pusat KKPA selama tahun 2018.

Acara yang bertempat di ruang rapat kantor Pusat KKPA dimulai pada pukul 09.00, diawali dengan pembukaan oleh kepala pusat KKPA, Dr Robertus Heru, M.Sc yang berharap agar melalui pertemuan tersebut dapat diperoleh gambaran aktivitas kajian yang dilakukan para peneliti selama setahun. Baik terkait perolehan data maupun proses analisis kajian tersebut. Pada hal – hal yang belum dapat dicapai dapat menjadi target kegiatan di tahun 2019 secara lebih spesifik.

Selanjutnya, para peserta disuguhkan presentasi dari masing masing kelompok peneliti (poklit) presentasi hasil kajian dan penelitian meliputi penyusunan pedoman delegasi untuk sidang UNCOPUOS, penyusunan kajian GSO, penyusunan kajian definisi / delimitasi antariksa, penyusunan naskah akademis RPP teknologi sensitif, penyusunan naskah akademis pembangunan dan pengoperasian bandar antariksa, penyusunan naskah akademis kegiatan komersial keantariksaan, penyusunan kajian national space policy, kebijakan penguasaan tenologi antariksa ditinjau dari aspek hukum, politik sosio – ekonomi, budaya dan pertahanan keamanan, upaya perolehan transfer teknologi peroketan dari negara non – anggota missile technology control regime, Kajian nilai ekonomi kegiatan penerbangan dan antariksa. Dalam setiap presentasi, diselingi dengan interaksi berupa diskusi, tanya jawab dan masukan masukan yang diberikan dari peserta terhadap materi yang disampaikan.

Di tahun 2018 ini, ada 4 (empat) naskah kajian yang terbit di publikasi internasional, dari 1 (satu) naskah yang ditargetkan, dan 1 (satu) naskah yang terbit di publikasi nasional. Yang berarti capaian publikasi internasional Pusat KKPA telah melampaui target.

Sebagai penutup, Kapus KKPA menyampaian apresiasi yang tinggi dengan hasil capaian Pusat KKPA untuk Indikator Kinerja Utama (IKU) penelitian yang lebih baik dari tahun sebelumnya, dan diharapkan capaian IKU penelitian pada tahun mendatang dapat lebih baik lagi.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa - Lapan
Jl. Cisadane No. 25 Cikini, Jakarta 10330 Telp. (021) 31927982 Fax. (021) 31922633



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL