Fokus Kajian

Berita



Sosialisasi Program 2019 dan Persiapan Renstra 2020-2040 Pusat KKPA
Penulis Berita : roel • Fotografer : Wendy • 11 Jan 2019 • Dibaca : 14981 x ,

Mengiringi awal tahun anggaran 2019, Kepala LAPAN dan Settama berkunjung ke Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa (KKPA) untuk melaksanakan Sosialisasi Program 2019 dan Persiapan Renstra 2020-2040. Pertemuan yang digelar di Ruang Rapat Lt.1 pada Jum’at, 11 Januari 2019 tersebut dihadiri oleh segenap karyawan dan karyawati Pusat KKPA Pusat KKPA. Kepala Pusat KKPA, Dr. Robertus Heru Triharjanto, M.Sc, mengawali sambutannya dengan penyampaian postur SDM dan anggaran Pusat KKPA pada 2016-2018 sehingga berdasarkan kondisi tersebut tetap dibutuhkan penambahan personil (khususnya peneliti dan analis kebijakan) dan termasuk anggarannya demi peningkatan kualitas kegiatan kajian di bidang penerbangan dan antariksa yang diemban pusat ini. Berdasarkan realisasi capaian kegiatan pada tahun 2018, menurut Kapus KKPA pada tahun 2019 Pusat KKPA optimis dapat memenuhi seluruh target IKU dan non IKU tahun 2019. Pada tahun sebelumnya, hanya capaian IKU-3 (jumlah publikasi nasional pada jurnal nasional terakreditasi) yang belum tercapai optimal. Sementara itu untuk mempersiapkan Renstra 2020-2040, maka Pusat KKPA mengusung dua program prioritas, yakni : Program Pembangunan dan Pengoperasian Bandar Antariksa dan persiapan Pusat Unggulan Iptek. Pada program pembangunan dan pengoperasian bandar antariksa agenda pada rentang 5 tahun tersebut yakni : kegiatan yang bersifat teknis (penyusunan dokumen AMDAL, pelaksanaan pembangunan fisik, dan peluncuran wahana) serta kegiatan pendukung yang bersifat dukung kebijakan, yakni : finalisasi seluruh PP turunan UU No. 21/2013 tentang Keantariksaan (PP pennguasaan teknologi, PP kegiatan komersial keantariksaan, dan PP Pembangunan dan Pengoperasian Bandar Antariksa) dan berbagai upaya untuk menjaring mitra strategis untuk mendukung kegiatan tersebut. Sedangkan untuk program persiapan PUI Pusat KKPA maka diperlukan berbagai langkah strategis yang bersifat ilmiah (aktivasi jurnal kajian kebijakan penerbangan dan antariksa menjadi jurnal nasional terakreditasi bersama para mitra kerjasama Pusat KKPA) dan upaya penguatan kelembagaan pendukungnya.

Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, mengapresiasi dengan baik program yang disampaikan oleh Pusat KKPA khususnya untuk mendukung pencapaian rencana kegiatan besar LAPAN pada Renstra 2020-2040 mendatang. Kepala LAPAN menyampaikan bahwa tahun 2019 merupakan tahun terakhir dalam pelaksanaan Renstra 2015-2019, sehingga perlu dilakukan evaluasi untuk melakukan percepatan kegiatan yang akan dimasukkan sebagai target utama Renstra 2020-2040. Sebagai contoh, untuk realisasi percepatan Renduk Keantariksaan perlu dioptimalkan pemanfaatan dana non APBN sehingga dapat mengejar ketertinggalan yang ada. Sehingga LAPAN perlu mempelajari berbagai skema pendanaan seperti KPBU (kerjasama pemerintah dan badan usaha) dan SBSM (surat berharga syariah mandiri). Pada kesempatan tersebut Kepala LAPAN juga menyampaikan tentang rencana visi Renstra LAPAN 2020-2040 : Penggerakan Industri Penerbangan dan Antariksa Berbasis Litbang yang Unggul.

Hal lain yang menjadi arahan Kepala LAPAN bahwa meskipun renstra baru belum tersusun maka setiap unit organisasi tetap harus menyusun rencana kerja untuk pengajuan penganggaran kegiatan tahun 2020 melalui mekanisme KPJM (Kerangka Pengeluaran Jangka Menengah). Kerangka penganggaran kegiatan pembangunan nasional didasarkan pada RPJMN/RPJPN. Sedangkan program kerja yang dituangkan dalam RPJMN/RPJPN tersebut dapat bersifat teknokratik (Bappenas) dan Program kerja Presiden Terpilih (contohnya program Nawacita). Berdasarkan kondisi tersebut hendaknya pusat KKPA menyiapkan dokumen rencana kerja kegiatan yang didasarkan pada target IKU pusat KKPA, dan selanjutnya ditetapkan dalam dokumen perjanjian kinerja satuan kerja sebagai dasar pengendalian kegiatan bersama. Dokumen tersebut tentunya menjadi dasar dalam penyusunan target kinerja individu dari masing masing pejabat di lingkungan satuan kerja Pusat KKPA. IKU merupakan penjabaran atas target Visi organisasi yang abstrak menjadi realistis. Oleh karena itu yang perlu diperhatikan bagi setiap organisasi yakni peningkatan customer perspektif dan ditunjang dengan learn and growth. Sebagai contoh untuk Pusat KKPA, meskipun stakeholder utamanya Kepala LAPAN, tetapi tetap perlu peningkatan nilai customer perspektif, untuk menjaring komunitas ilmiah publik melalui berbagai publikasi ilmiah maupun populer maupun pelaksanaan berbagai forum sosialisasi kajian.

Pada pertemuan tersebut, Settama, Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih, M.Si juga menyampaikan harapan kepada seluruh karyawan/karyawati pusat KKPA untuk makin meningkatkan partisipasi dalam perolehan nilai Reformasi Birokrasi LAPAN melalui aktivitas di lingkungan satuan kerja Pusat KKPA. Seluruh pegawai di LAPAN harus bersama – sama untuk menopang peningkatan kinerja dalam 6 area perubahan yang diusung oleh program reformasi birokrasi tersebut. Beliau kembali mengingatkan tentang capaian pusat KKPA yang dipilih (secara acak) menjadi salah satu satker percontohan untuk penilaian reformasi birokrasi LAPAN tahun 2018. Berdasarkan pengalaman tersebut maka Pusat KKPA harus terus berbenah untuk mewujudkan beberapa target utama dalam kerangka reformasi birokrasi tersebut, seperti membangun Zona Integritas. Target tersebut bukan hal yang sulit apabila seluruh pihak berkomitmen dan saling bekerja sama untuk mewujudkannya. Pertemuan ditutup dengan kegiatan penandatangana Pakta Integritas, PK dan Renaksi pusat KKPA oleh kapus KKPA dan Kepala LAPAN


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa - Lapan
Jl. Cisadane No. 25 Cikini, Jakarta 10330 Telp. (021) 31927982 Fax. (021) 31922633



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL