Fokus Kajian

Berita



Evaluasi Triwulan II Pusat KKPA
Penulis Berita : CHINTIA & SILVIA • Fotografer : Wendy • 11 Jul 2019 • Dibaca : 343 x ,

Pada hari Kamis 11 Juli 2019 Pusat KKPA mengadakan evaluasi triwulan II yang diadakan di ruang rapat lantai 1. Rapat tersebut dipimpin oleh kepala Pusat KKPA Ir. Robertus Heru Triharjanto,M.Sc. kegiatan tersebut diadakan selama 2 hari dengan agenda pemaparan progress poklit 1 dan 2 pada hari Kamis tanggal 11 Juli 2019 dan pemaparan progress poklit 3 dan kelompok Analisis Kebijakan pada hari Jumat 12 Juli 2019.

Pemaparan progress poklit 1 diwakili oleh Kepala Poklit 1 yaitu Dini Susanti,M.Si yang menyampaikan progress Kajian Perencanaan Pembangunan Bandar Antariksa telah sampai pada tahap teridentifikasinya kebutuhan bandar antariksa skala kecil, terbuatnya draft desain bandar antariksa skala kecil dan terbuatnya draf analisis risiko sosial budaya. Kajian kedua yang sedang dilakukan oleh poklit 1 yaitu kajian aspek ekonomi satelit penginderaan jauh nasional sudah sampai pada tahap teridentifikasinya kebutuhan satelit penginderaan jauh nasional dengan menggunakan data sekunder dan terumuskannya draf desain model biaya kegiatan penginderaan jauh nasional. Sedangkan kajian terakhir yang sedang dikerjakan oleh poklit 1 yaitu penyusunan daftar teknologi sensitif terkait penerbangan dan antariksa sudah sampai pada tahap identifikasi dan analisa data awal Annex MTCR dan best practices negara-negara yang sudah memiliki daftar teknologi dual-use terkait MTCR. Poklit 1 juga telah membuat beberapa prosiding internasional berindeks yaitu Indonesia Spaceport Selection Based on Multicriteria Analysis: A Study on Relative Importance and Priority Regarding Spaceport Selection Location Attributes Utilizing AHP (Agustus- 2019-on process, Advance in Social Science, Education and Humanities, Conferene proceding, Atlantis Press, ISI Thomson)

Pemaparan progress poklit 2 diwakili oleh Kepala Poklit 2 DR. Mardianis, SH,MH. Saat ini poklit 2 memiliki 3 kajian utama yaitu penyusunan naskah urgensi RPP tentang Perlindungan Teknologi Sensitif Keantariksaan yang telah sampai pada tahap telah melakukan Harmonisasi I dan II serta penambahan materi bab II dan IV, Penyusunan Naskah Urgensi RPP Tentang Tata Cara Kegiatan Komersial Keantariksaan yang telah sampai pada tahap penyempurnaan materi naskah urgensi pada pengisian sub-bab model Pengaturan Internasional kegiatan komersial dan pengisian sub-bab pembiayaan keantariksaan ,serta Penyusunan Naskah Urgensi RPP Tentang Tata Cara Pembangunan Dan Pengoperasian Bandar Antariksa yang telah sampai pada tahap penyempurnaan materi naskah urgensi pada pengisian sub-bab model bandar antariksa serta penyempurnaan sub-bab praktek pembangunan bandar antariksa. Selain itu, ada 2 tugas tambahan diantaranya : Penyusunan Peraturan Lembaga Tentang Pelaksanaan PP Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penyelenggaran Kegiatan Penginderaan Jauh dan Publikasi Ilmiah Di Jurnal Terakreditasi Nasional.

Hari kedua Jumat tanggal 12 Juli 2019 pemaparan progress Poklit 3 diwakili oleh Dra. Euis Susilawati, M.Si yang menyampaikan progress poklit 3 yaitu telah menyusun pedoman delegasi RI ke sidang ke-62 UNCOPOUS, termasuk di dalamnya Point Of Intervention. Untuk Kajian Posisi Indonesia dalam Definisi dan Delimitasi Antariksa telah dilakukan updating dan elaborasi kajian pada bagian bab Pendahuluan, Landasan Teori dan Studi Literatur serta bab Lingkungan Strategis Internasional. Sedangkan untuk kajian posisi Indonesia terhadap GSO telah selesai melakukan update dan elaborasi pada bab I dan bab II yaitu Studi Literatur dan Landasan Teori serta masih dilakukan updating dan elaborasi pada bab III yaitu Pemanfaatan dan Pengaturan GSO. Poklit 3 juga memiliki tugas tambahan yaitu publikasi ilmiah yang sedang dilakukan penyusunan 2 makalah terkait GSO dan LTS. Pemaparan terakhir progress Kelompok Analisis Kebijakan diwakili oleh Ir. Agus Hidayat, M.Sc yang menyampaikan bahwa rencana kegiatan pada Triwulan II adalah pengumpulan data, analisis data dan konsultasi publik. Dari kegiatan pengumpulan data dan analisis data, didapatkan informasi dan dokumen yang diperkirakan terkait dengan kegiatan kajian. Sedangkan untuk konsultasi publik belum dapat terlaksana di triwulan 2 dan rencananya akan dilakukan di triwulan 3 paralel dengan kegiatan yang direncanakan di triwulan 3.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa - Lapan
Jl. Cisadane No. 25 Cikini, Jakarta 10330 Telp. (021) 31927982 Fax. (021) 31922633



© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL