Fokus Kajian

Berita



Seminar Public Speaking dalam Rangka Meningkatkan Kapasitas SDM Pusat KKPA
Penulis Berita : SILVIA & CHINTIA • Fotografer : Wendy • 17 Jul 2019 • Dibaca : 318 x ,

Pada hari Rabu 17 Juli 2019 seluruh kayawan Pusat KKPA mengikuti rangkaian acara Peningkatan Kapasitas SDM Pusat KKPA yang bertempatkan di Bogor. Kegiatan ini di adakan untuk peningkatan kapasitas SDM Pusat KKPA dan untuk pemenuhan ketentuan bahwa setiap PNS harus mendapatkan training minimal selama 20 jam pertahun. Acara yang berlangsung selama 2 hari ini memiliki agenda utama yaitu Seminar Public Speaking yang di adakan oleh PT Expertindo Training & Consulting, dan pembicara yang di hadirkan ialah seorang penyiar radio yang sudah lama berkecimpung di dunia broadcasting, yaitu Kemal Mochtar. Acara ini di buka oleh MC dari PT Expertindo, kemudian di lanjutkan dengan kata sambutan dari Kasubag SDM dan Umum, Bapak Khanan Yusuf, S.AP sebagai perwakilan dari Kepala Pusat KKPA. Setelah kata sambutan, di lanjutkan dengan pelatihan dari Kemal Mochtar. Dalam paparannya, Kemal Mochtar memberikan pelatihan teknik-teknik yang harus dilakukan untuk menjadi seorang public speaker yang baik.

Teknik pertama yang di ajarkan Kemal Mochtar adalah teknik olah vocal, dengan cara melemaskan otot-otot pada mulut, hidung dan rahang. Ada beberapa gerakan yang di langsung di praktekan oleh seluruh peserta, yaitu gerakan Lion Face, Lemon Face, Speed Boat, Motor Boat, dan Humming. Praktek ini dapat membantu melemaskan otot-otot pada mulut, hidung dan rahang, karena seorang public speaker biasanya tidak hanya bicara sebentar, tapi harus bisa berbicara berjam-jam. Teknik kedua yang di berikan ialah pernapasan melalui diafragma. Dengan pernapasan menggunakan diafragma, maka udara yang dapat tersimpan bisa 30% lebih banyak daripada menampungnya di dada. Teknik ini dapat mengurangi permintaan tubuh akan oksigen, karena oksigen yang didapat dengan cara ini lebih maksimal ketimbang cara yang biasa.

Selanjutnya seorang public speaker harus mampu memiliki artikulasi yang jelas, supaya terdengar dengan baik serta benar juga jelas agar penonton dapat mengerti terhadap kata-kata yang diucapkan. Salah satu teknik agar artikulasi jelas dengan terapi pengucapan huruf-huruf vocal dengan baik dan lantang. Kemudian teknik berikutnya ialah berbicara menggunakan intonasi, agar saat berbicara tidak terdengar membosankan. Selanjutnya aksentuasi, dimana harus ada penekanan pada kata yang harus di highlight, seperti judul, tanggal,atau nama. Tujuannya agar terdengar lebih menarik dan membuat penonton jadi lebih gampang buat mengingat. Selain itu kecepatan dalam berbicara juga penting untuk diatus agar apa yang di sampaikan tidak terdengar monoton. Teknik –teknik tersebut dapat di latih dengan berbicara diatas lagu dengan tempo yang berbeda-beda. Teknik terakhir dalam menjadi seorang public speaker yang baik ialah harus mampu berimprovisasi. Dengan berimprovisasi, pembicara akan terdengar lebih natural dan ekspresif, tapi harus tetap terarah sesuai dengan tema pembicaraan. Salah satu terapi untuk improvisasi dengan menghayal dan membuat film di otak, sehingga terpancing untuk berimprovisasi dengan yang sedang di khayalkan. Selain itu, Kemal juga memaparkan bahwa tubuh menjadi alat komunikasi yang 80% lebih banyak dari mulut, seperti eye contact, gesture, expression, dan posture.

Dari rangkaian acara tersebut diharapkan seluruh Karyawan Pusat KKPA dapat menerapkan dan mengaplikasikan teknik-teknik yang didapat dari kegiatan Seminar Public Speaking. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi seluruh karyawan Pusat KKPA, agar dapat berkomunikasi dengan baik, terutama kepada public, untuk dapat melakukan kolaborasi, dan diseminasi atas hasil-hasil kerja Pusat KKPA.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa - Lapan
Jl. Cisadane No. 25 Cikini, Jakarta 10330 Telp. (021) 31927982 Fax. (021) 31922633



© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL