Fokus Kajian

Berita



SOSIALISASI DATABASE ARSIP DIGITAL PUSAT KAJIAN KEBIJAKAN PENERBANGAN DAN ANTARIKSA
Penulis Berita : ROEL • Fotografer : Wendy • 18 Sep 2019 • Dibaca : 145 x ,

Pada Selasa, 17 September 2019 dilakukan sosialiasi penyusunan database arsip digital Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan layanan Bagian Administrasi dalam mem-backup dokumen dari dari berbagai kegiatan periodik yang dilakukan melalui berbagai aplikasi berbasis digital baik yang sifatnya internal maupun eksternal, sebagai contoh : pelaporan kinerja kegiatan penelitian/kajian maupun keuangan melalui aplikasi (kinerjaku, SMART, SAS-SILABI, SIMAK, SAIBA, dan melon-ku), pelaporan data kepegawaian melalui aplikasi SIMPEG, serta penelusuran temu kembali arsip dinamis/statis melalui aplikasi e-takah dan e-arsip. Media ini diharapkan dapat menjamin ketersediaan data dukung kegiatan administrasi dan penelitian Pusat KKPA yang lengkap sesuai perioda pembuatannya dan dapat diakses secara cepat setiap saat. Selain itu database ini juga dilengkapi dengan fitur klasifikasi arsip termasuk notifikasi retensinya. Penyimpanan dokumen pada fitur ini memang merujuk pemberkasan surat dengan pola klasifikasi dan retensi arsip berdasar Perla No 15 Tahun 2016 tentang Klasifikasi Arsip dan Perla No 02 Tahun 2018 tentang Jadwal Retensi Arsip.

Ketersediaan database arsip digital diharapkan dapat mendukung upaya Reformasi Birokrasi di Pusat KKPA melalui kemudahan temu kembali dokumen yang telah dilakukan pada kurun waktu tertentu secara cepat dan tepat. Sebagai contoh, record data atas pelaksanaan kajian/penelitian tertentu baik yang lengkap (administrative dan substantif) sangat membantu dalam merekam progress report kegiatan penelitian/kajian dan disis lain juga bermanfaat sebagai data dukung bagi para pejabat fungsional yang menjadi pelaksana kegiatan dimaksud.

Hal lainnya yang menjadi harapan dengan dibangunnya database ini adalah upaya bertahap untuk membentuk e-office Pusat KKPA sebagai media yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kegiatan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dari karyawan dan karyawati Pusat KKPA. Sinergitas tersebut diharapkan dapat memberi kontribusi dan makin memperkuat pelaksanaan tugas dan fungsi dalam penyusunan kebijakan strategis di bidang penerbangan dan antariksa.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa - Lapan
Jl. Cisadane No. 25 Cikini, Jakarta 10330 Telp. (021) 31927982 Fax. (021) 31922633



© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL