Fokus Kajian

Berita



Partisipasi Magang (Internship) Online di Pusat KKPA LAPAN Semakin Diminati
Penulis Berita : Deden • Fotografer : Deden • 14 Aug 2020 • Dibaca : 523 x ,

Work from Home (WfH) terus dilakukan oleh para pegawai di lingkungan Pusat KKPA LAPAN dengan tanpa mengurangi produktivitasnya. Bahkan, WfH ini menjadi momentum untuk terus berinovasi dalam menyelesaikan berbagai penugasan. Salah satu di antaranya adalah program magang (internship) yang kini melibatkan empat mahasiswa sekaligus--terbanyak dalam sejarah Pusat KKPA LAPAN, khususnya bagi Kelompok Peneliti Kebijakan Nasional di Bidang Penerbangan dan Antariksa pada Fora Internasional (Poklit Jaknasforin). Kondisi WfH menghadirkan peluang dan tantangan tersendiri bagi pelaksanaan program magang kali ini.

Setelah sebelumnya berhasil diikuti dan diselesaikan oleh dua mahasiswa dari Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) yaitu Naufal Erfo Pradana dan Alex Wicaksono, kini Poklit Jaknasforin kedatangan empat orang mahasiswa terpilih dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) dan Universitas Kristen Indonesia (UKI). Mereka adalah Marini Amimah (Marini) dan Nurannisa Nadya Firdaus (Naya) yang sedang menempuh pendidikan sarjana di Program Studi Ilmu Hubungan Internasional FISIP UPNVJ, serta Morry Zefanya Paulus (Morry) dan Nathanael Joel (Neil) yang juga sedang menjalani pendidikan sarjana di Jurusan Ilmu Hubungan Internasional FISIPOL UKI.

Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat mereka untuk memperdalam pengetahuan keantariksaan, salah satunya dengan turut mendapatkan pengalaman langsung dalam kajian kebijakan penerbangan dan antariksa Indonesia, khususnya terkait isu-isu hubungan internasional. Sejatinya, antariksa dan politik internasional tidak dapat dipisahkan karena kelahiran teknologi antariksa berada dalam bingkai galang kekuatan sejak era Perang Dingin. Dengan demikian, kajian terhadap aspek hubungan internasional dari kegiatan keantariksaan menjadi suatu yang niscaya untuk dilakukan oleh LAPAN demi mencapai kepentingan keantariksaan Indonesia.

Dengan latar belakang studi Hubungan Internasional, para peserta magang mengaku tertarik untuk mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dari perkuliahan pada isu-isu kedirgantaraan yang menurut mereka jarang dibahas kendati memiliki nilai strategis. Marini dan Naya mengaku sudah tertarik dengan hal-hal terkait keantariksaan sejak lama dan mengetahui adanya kajian aspek hubungan internasional di Pusat KKPA LAPAN setelah mengunjungi kantor LAPAN Pusat. Lainnya, Morry dan Neil berminat untuk melaksanakan magang di Pusat KKPA LAPAN setelah mengikuti webinar dengan pemateri Yunita Permatasari, S.IP., M.Si. yang diselenggarakan oleh UKI beberapa waktu lalu.

Seiring dengan semangat mereka yang tinggi, seluruh peserta magang langsung dilibatkan dalam rapat kegiatan Poklit Jaknasforin. Pada 13 Agustus 2020, Poklit Jaknasforin mengadakan rapat online bersama dengan para peserta magang untuk menindaklanjuti pertemuan sebelumnya. Rapat kali ini membahas kemajuan kegiatan kajian Posisi Indonesia terhadap Kesamaan Akses Sumber Daya Antariksa (KASDA), serta penyampaian fokus peminatan masing-masing peserta magang selama proses pelaksanaan magang ke depan.

Kajian KASDA yang dipimpin oleh Yunita telah menghasilkan sejumlah capaian. Kajian ini telah memasuki fase pengumpulan dan pengolahan data sehingga Yunita menjabarkan tata cara pengumpulan data yang dibutuhkan. Di samping itu, Dra. Euis Susilawati, M.Si. (Ketua Poklit Jaknasforin) dan Deden Habibi Ali Alfathimy, S.H.Int. ikut memberikan tambahan penjabaran mengenai metode dan teori yang digunakan. Seluruh peserta magang menyimak dengan seksama dan menyatakan siap dilibatkan. Mereka pun dipersiapkan untuk berpartisipasi sebagai pemakalah pada Seminar Nasional Kebijakan Penerbangan dan Antariksa (Sinas KPA) V-2020. Selanjutnya, para peserta magang akan mengikuti pembahasan mengenai Kajian Partisipasi Indonesia dalam Sidang Organisasi Regional Keantariksaan pada pekan depan, yang dipimpin oleh Melissa Retno Kusumaningtyas, S.Sos.

Koordinasi, komunikasi dan pengerjaan tugas-tugas dilakukan melalui berbagai perangkat berbasis online. Produktivitas seluruh anggota tim dan peserta magang diharapkan dapat terus meningkat dengan bantuan teknologi yang ada. Meskipun diskusi secara tatap muka tidak bisa dilakukan, dalam WfH ini justru dimungkinkan pelibatan jumlah peserta magang yang lebih banyak dari biasanya. Ini menunjukkan bahwa antusiasme yang tinggi dari mahasiswa-mahasiswa di berbagai perguruan tinggi terkait kajian kebijakan kedirgantaraan semakin dapat terwadahi oleh Pusat KKPA LAPAN melalui WfH saat ini. Selain itu, bila dihitung totalnya dengan peserta magang dari IISIP, proporsi gender peserta yang seimbang memperlihatkan bahwa space awareness sudah mencakup pria dan wanita secara merata di kalangan akademisi khususnya mahasiswa. Semoga program magang ini dapat terlaksana dengan baik dan terus diminati oleh seluas-luasnya kalangan.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa - Lapan
Jl. Cisadane No. 25 Cikini, Jakarta 10330 Telp. (021) 31927982 Fax. (021) 31922633



© 2020 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL