Focus of Studies

News



Evaluasi Kegiatan Pusat KKPA Triwulan I Tahun 2021
News Writter : El Renova Ed. Siregar, S.H. dan Silvia Cahayani Lase, S.E. • Photographers : Silvia Cahayani Lase, S.E. • 04 May 2021 • Read : 165 x ,

Pada tanggal 14 April dan 15 April 2021, Pusat KKPA mengadakan evaluasi kegiatan triwulan I tahun 2021. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai dan mahasiswa dari beberapa universitas yang sedang menjalankan praktek kerja lapangan di Pusat KKPA. Di awal kegiatan, Kepala Pusat KKPA menyampaikan isu yang terkait adanya wacana peleburan antara Kemenristek dan Kemendikbud, dimana akan berdampak pada kegiatan yang sudah berjalan di Pusat KKPA, salah satunya adalah konsepsi Komite Kedirgantaraan dan pembuatan PP-PP dibawah UU21/2013. Kegiatan dilanjutkan dengan paparan oleh Kelompok Penelitian 1 (Poklit 1) yang diwakili oleh Dini Susanti, M.Si. Terdapat 3 kajian yang dilaksanakan oleh Poklit 1 tahun 2021, yaitu Kajian Nilai Ekonomi Satelit Komunikasi Konstelasi LEO, Kajian Nilai Ekonomi Bandar Antariksa, Kajian Konsep Doktrin Pertahanan menggunakan Asset Antariksa. Pada Kajian Nilai Ekonomi Satelit Komunikasi Konstelasi LEO, telah dilaksanakan pengumpulan referensi-referensi terkait kajian dan penyusunan riset desain diantaranya dasar hukum, gambaran umum dan metodologi penelitian. Pada Kajian Nilai Ekonomi Bandar Antariksa juga telah dilaksanakan pengumpulan referensi-referensi terkait kajian dan penyusunan riset desain diantaranya tinjauan literature dan metodologi penelitian. Pada Kajian Konsep Doktrin Pertahanan menggunakan Asset Antariksa juga telah dilakukan pengumpulan referensi dan riset desain, serta pengumpulan data dan informasi terkait ancaman actual dan potensial. Untuk capaian publikasi, telah terbit 2 jurnal internasional terindeks.

Selanjutnya paparan dilanjutkan oleh Kelompok Penelitian 2 (Poklit 2) yang disampaikan oleh Dr. Mardianis, SH. MH, selaku Ketua Kelompok Penelitian 2. Terdapat 3 kegiatan yang dilakukan oleh Poklit 2 pada tahun 2021, yaitu Menyusun Naskah Akademik dan RPP tentang Pembangunan dan Pengoperasian Bandar Antariksa, Menyusun Naskah Akademik dan RPP tentang Kegiatan Komersial Keantariksaan dan Membantu Menindaklanjuti Proses Pengesahan RPP Tentang Penguasaan Teknologi Keantariksaan, serta Menyusun Naskah Akademik dan Peraturan Lembaga untuk pelaksanaannya. Progres kegiatan Penyusunan NA dan RPP tentang Pembangunan dan Pengoperasian Bandar Antariksa diantaranya telah berkonsultasi dengan tim dari Pustekroket LAPAN, dimana konsultasi ini akan dilakukan dalam beberapa tahap, sesuai kemampuan tim menyerap bahan yang ada. Progress kegiatan Penyusunan NA dan RPP tentang Kegiatan Komersial Keantariksaan yaitu telah melakukan review kajian 2020, dan penyempurnaan materi draft naskah urgensi. Sedangkan pada kegiatan RPP tentang Penguasaan Teknologi Keantariksaan, sampai dengan saat ini belum ada tidak lanjut dari Kemenristek sebagai pemrakarsa. Penyusunan perla turunan PP tersebut baru akan di mulai di Bulan Juni 2021, dengan asumsi sudah ada kemajuan di proses PP Penguasaan Teknologi Keantariksaan. Progres untuk publikasi ilmiah di Poklit 2 adalah proses submit dan proses terbit untuk jurnal nasional dan jurnal internasional.

Pada hari kedua, tanggal 15 April 2021, penyampaian progress kegiatan selama triwulan I di mulai dari Kelompok Penelitian 3 (Poklit 3). Paparan di sampaikan oleh Dra. Euis Susilawati, M.Si selaku Ketua Kelompok Penelitian 3. Ada 2 kegiatan yang dilaksanakan oleh Poklit 3, yaitu Penyusunan Pedoman Delegasi pada Sidang Organisasi Internasional (UNCOPOUS) dan Penyusunan Pedoman Delegasi pada Sidang Organisasi Regional. Adapun progress selama triwulan I untuk kegiatan pedomdel sidang organisasi internasional adalah telah tersusunnya draft pedoman dan POI STSC dan sidangnya akan dilaksanakan pada 19 – 30 April 2021 dan telah tersusunnya kuesioner space for global health bekerjasama yang dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri. Progres selama triwulan I pada kegiatan pedomdel sidang organisasi regional adalah penajaman teori system politik David Easton, pemetaan variable terkait dengan teori dan kajian, serta penajaman data terkait lingkungan strategis organisasi regional. Poklit 3 juga sedang proses penulisan dan proses submit hasil revisi jurnal nasional dan jurnal internasional.

Paparan terakhir disampaikan Kelompok Analis Kebijakan oleh Ir. Agus Hidayat, M.Sc selaku Analis Kebijakan Utama LAPAN. Kelompok Analis Kebijakan memiliki 3 kegiatan di tahun 2021, yaitu Penilaian Indeks Kualitas Kebijakan, Evaluasi Kebijakan dan Kajian Kebijakan Industri Kedirgantaraan. Capaian pada kegiatan Penilaian Indeks Kualitas Kebijakan adalah telah diidentifikasi produk kebijakan yang akan di nilaikan. Untuk kegiatan evaluasi kebijakan, adapun capaian selama triwulan I yaitu telah dilakukan pengumpulan data Laporan Kinerja 2016-2020 & Renstra 2015–2019 satuan kerja LAPAN dan penyusunan matriks capaian kegiatan satker pada tahun 2016–2020. Untuk capaian kegiatan Kajian Kebijakan Industri Kedirgantaraan telah disusun proposal dan rancangan kegiatan, serta pengumpulan data perihal industri kedirgantaraan.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa - Lapan
Jl. Cisadane No. 25 Cikini, Jakarta 10330 Telp. (021) 31927982 Fax. (021) 31922633



© 2021 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL