Fokus Kajian

Berita



Praktek Kerja Lapangan di Kelompok Penelitian Poleksosbudhankam di Triwulan 2 2021
Penulis Berita : Stevani Anggina, S.Si., M.A. • Fotografer : Stevani Anggina, S.Si., M.A. • 18 Jun 2021 • Dibaca : 1059 x ,

Sesuai tugas Pusat KKPA LAPAN untuk melakukan pelayanan akademis, Kelompok Penelitian 1 Poleksosbudhumhankam membuka peluang praktek kerja lapangan (PKL) bagi mahasiswa yang berkuliah di bidang ekonomi. Program magang Batch 1 pada triwulan 2 diadakan mulai tanggal 7 Mei – 5 Juni 2021. Sebagai respons terhadap pandemik COVID-19 maka program magang dilakukan secara daring work from home. Mahasiswa yang mengikuti PKL tersebut adalah, Muhammad Afifuddin Abdurosyid Kamil (Rafi) dari jurusan Ekonomi Syariah, Khairatunnisa Dzakiyyah Fadhlah (Kai), dan Kelvin Yohanes Andreas Ganda dari jurusan pendidikan Ekonomi Sumber Daya Alam, Institut Pertanian Bogor.

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah : (1) Pengenalan secara umum tentang LAPAN, PusKKPA dan Kelompok Penelitian Poleksosbudhankam; (2) Mempelajari Rencana Induk Keantariksaan, dan UU No 21 th 2013 tentang Keantariksaan; (3) Mempelajari tentang gambaran umum Space Economy; (4) Ikut serta dalam rapat internal Kajian Ekonomi Satelit Komunikasi Konstelasi LEO dengan ketua kelompok penelitian yaitu Shinta Rahma Diana, S.E., M.Si.; (5) Diskusi dan Materi dari narasumber Leo Kamilus Julianto Rijadi, M.Kom. mengenai Space 2030; (6) Diskusi dan Materi dari narasumber Intan Perwitasari, S.E., M.E. mengenai Kajian Nilai Ekonomi Bandar Antariksa dan Makroekonomi; (7) Melakukan literature review jurnal dan kajian terkait.

Berdasarkan arahan dari Kepala Pusat KKPA, ada dua tema utama magang kali ini yaitu SDGs dan Makroekonomi. Sehingga, Kai diberikan penugasan telaah pustaka pada tema Space for SDGs, secara spesifik pemanfaatan small satelit dan satelit komunikasi untuk SDGs, sedangkan Rafi melakukan telaah kajian terkait Macroeconomy for Space dan skema pembiayaan antariksa pada negara-negara lain.

Setelah menjalani semua kegiatan yang telah disebutkan diatas, pada tanggal 10 Juni 2021, peserta program magang atas nama Rafi dan Kai mempresentasikan hasil laporan magang yang mereka jalankan kepada Kepala Pusat KKPA dan anggota tim kelompok penelitian 1.

Telaah Pustaka yang dibahas oleh Kai salah satunya, yaitu Small Satellite Contribute to The United Nations SDGs (Wood dan Stober, 2021). Paper ini memberikan contoh mengenai 6 teknologi satelit yang telah digunakan dalam mendukung goal SDGs, seperti penggunaan satelit observasi yang digunakan untuk mencapai goal #2 Zero Hunger; satelit komunikasi untuk goal #9 inovasi industri dan infrastruktur; satelit positioning pada goal #3 kesehatan; satelit navigasi, human space flight and microgravity research, transfer teknologi antariksa pada goal nomor #6.

Rafi melakukan telaah pustaka, salah satunya mengenai Peningkatan Kapabilitas Ekonomi Melalui Peningkatan Kapabilitas Ekonomi Indonesia Melalui Pengembangan Keantariksaan: Pembelajaran Dari India. India berhasil merubah status negara mereka dari yang sebelumnya tergolong memiliki tingkat teknologi antariksa yang terbelakang menjadi negara emerging space power. Pembelajaran dari India adalah mereka mampu mendorong aktivitas keantariksaan yang bertujuan peningkatan sosial eknonomi. Indian Remote Sensing Satellite berhasil memetakan groundwater pada hampir 90% negara bagian di India, dimana hal ini memberikan manfaat ekonomi kepada India, yakni, manfaat untuk peningkatan produktivitas sebesar 24,69 juta rupee dalam program Wasteland Mapping; Solid Land Reclamation; menghemat biaya pemetaan sebesar 16–20 juta rupee dengan Urban Area perspective, dan lain-lain. Rafi juga membahas mengenai skema pembiayaan antariksa di negara Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Selandia Baru. Hal lain yang dicatat adalah pentingnya regulasi asuransi pada sektor Antariksa dikarenakan industry antariksa merupakan sektor yang High Cost dan High RIsk, yang mana di Indonesia sendiri, belum ada regulasi yang mengatur skema asuransi tersebut.

Dengan pengetahuan yang didapat diatas selama program magang, diharapkan mahasiswa dan kalangan akademisi semakin tertarik untuk mengeksplorasi lebih dalam lagi tentang penerbangan dan antariksa dari sudut pandang ilmu sosial dan ekonomi.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa - Lapan
Jl. Cisadane No. 25 Cikini, Jakarta 10330 Telp. (021) 31927982 Fax. (021) 31922633



© 2021 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL