Fokus Kajian

Berita



Perjanjian Kerja Sama Pusat KKPA LAPAN dengan FISIP UI dalam Rangka Penguatan Diplomasi Keantariksaan Indonesia
Penulis Berita : Antonia Rahayu Rosaria Wibowo • Fotografer : Yunita Permatasari • 13 Jul 2021 • Dibaca : 1411 x ,

Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa (PusKKPA), LAPAN dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) ditandatangani secara desk to desk pada tanggal 24 Mei 2021. Penandatanganan PKS masing-masing oleh Kepala Pusat KKPA LAPAN, Dr. Robertus Heru Triharjanto, M.Sc. dan Dekan FISIP UI, Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc. PKS menjadi payung kegiatan bersama penelitian dan pengkajian peran pemangku kepentingan dalam rangka penguatan diplomasi keantariksaan Indonesia. PKS ini merupakan salah satu implementasi dari MoU kerja sama LAPAN dan UI tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat serta Pengembangan dan Pemanfaatan Sains dan Teknologi Penerbangan dan Antariksa yang ditandatangani pada 11 Januari 2018.

PKS dimulai dengan diskusi pada akhir tahun 2020 untuk penyelenggaraan bersama SINAS KPA 2021 yang akan membawa topik mengenai “Diplomasi Keantariksaan sebagai Instrumen untuk Menuju Pencapaian Pembangunan Indonesia yang Berkelanjutan”. Kemudian dipertajam melalui pembahasan secara lebih mendalam antara kelompok penelitian Kebijakan Nasional di Fora Internasional dengan Departemen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia pada awal tahun 2021. Melalui diskusi tersebut dibahas mengenai tema PKS, riset bersama antara Pusat KKPA LAPAN dengan Departemen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia, produk hasil kerja sama antara Pusat KKPA LAPAN dengan Departemen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia, serta Kerangka Acuan Kerja Sama (KAK) Seminar Nasional Kebijakan Penerbangan dan Antariksa VI.

Sesuai dengan standar kerja sama LAPAN, PKS ini akan berlangsung selama lima tahun dengan ruang lingkup antara lain: (i) penelitian dan pengkajian peran pemangku kepentingan dalam rangka penguatan diplomasi keantariksaan Indonesia, (ii) penyediaan dan pemanfaatan bersama data, metodologi, serta informasi terkait dengan diplomasi keantariksaan Indonesia, (iii) peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam bentuk pendidikan, pelatihan, lokakarya, kuliah tamu, atau bentuk lain yang disepakati oleh para pihak, (iv) diseminasi dan publikasi ilmiah hasil penelitian dan pengkajian yang disepakati oleh para pihak, dan (v) pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Implementasi PKS tersebut telah diawali dengan kuliah umum dengan tema Technological Race dan Posisi Indonesia yang diberikan oleh Kepala LAPAN kepada mahasiswa Departemen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia pada tanggal 17 Juni 2021. Kuliah tamu ini juga dapat diakses melalui link youtube https://www.youtube.com/watch?v=oEKpT-f5MgM Implementasi PKS berikutnya berupa riset bersama dan penyelenggaraan Seminar Nasional Kebijakan Penerbangan dan Antariksa VI pada tanggal 15-16 September 2021. Seminar Nasional Kebijakan Penerbangan dan Antariksa VI mengambil tema “Diplomasi Keantariksaan sebagai Instrumen Mencapai Pembangunan Indonesia yang Berkelanjutan” akan diselenggarakan secara online.

Kerja sama ini diharapkan akan semakin meningkatkan kapasitas institusi dan sumber daya manusia di bidang diplomasi keantariksaan. Secara khusus, kerja sama ini diharapkan dapat lebih mempertajam penelitian dan pengkajian peran pemangku kepentingan untuk menguatkan diplomasi keantariksaan Indonesia sehingga dapat mencapai kepentingan nasional Indonesia di bidang keantariksaan sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan dan Rencana Induk Penyelenggaraan Keantariksaan Tahun 2016-2040 untuk menuju Indonesia mandiri, maju, dan berkelanjutan.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa - Lapan
Jl. Cisadane No. 25 Cikini, Jakarta 10330 Telp. (021) 31927982 Fax. (021) 31922633



© 2021 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL